Manfaat Ikan Bagi Perkembangan Anak

Manfaat Ikan Bagi Perkembangan Anak - Setiap ibu selalu mendambakan anak yang sehat dan cerdas, banyak cara yang sudah dilakukan termasuk dalam pemberian multi vitamin buat maupun yang bersifat alami. Sangat disarankan jika anda sebagai ibu memberikan asupan – asupan yang bersifat alami, sebab selain sehat bagi tubuh asupan alami lebih berkualitas dibandingkan dengan yang buatan asalkan benar dalam proses pembuatannya. Salah satu asupan gizi yang sangat baik bagi anak untuk tumbuh kembangnya terkandung di ikan.

Ikan kaya akan kandungan Omega-3 yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan pekembangan otak anak anda. Omega-3 adalah salah satu lemak yang tidak jenuh dan sayangnya tubuh manusia tidak dapat memproduksi lemak tersebut sendiri, sehingga asupan kebutuhan Omega-3 didapatkan dari makanan. Adapun sumber dari Omega-3 dapat kita temukan di ikan Tuna, ikan Salmon, ikan Tenggiri, ikan air tawar dll.

Berikut adalah manfaat – manfaat yang diterima oleh anak anda jika rutin mengkonsumsi ikan :
manfaat ikan bagi perkembangan anak

  1. Merangsang otak sehingga menjadi lebih cerdas : bukan rahasia lagi jika kecerdasan anak juga dipengaruhi oleh asupan makanan yang dikonsumsinya. Seperti yang kita ketahui jika Omega-3 sangat baik untuk perkembangan otak anak anda, sebab didalam Omega-3 terkandung pula zat DHA (Docosahexaenoic Acid). adapun peranan zat DHA adalah untuk jaringan pembungkus saraf sehingga melancarkan perintah ke saraf dan rangsangan saraf ke otak.
  2.  Meningkatkan daya fokus : studi membuktikan jika balita yang memiliki daya fokus tinggi pengaruhi oleh ibunya yang mempunyai zat DHA lebih besar. Maka bagi anda wanita yang sedang hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi Omega-3 sesuai dosis, jika proses persalinan telah selesai dapat dilanjutkan pada balita anda. Jika daya fokus tinggi maka materi -  materi pelajaran yang diberikan di sekolahan lebih mudah untuk ditangkap dan dicerna.
  3. Meningkatkan daya penglihatan : DHA yang terkandung dalam Omega-3 terbukti secara medis dapat meningkatkan daya penglihatan pada balita anda. Hal ini didasari bahwa minyak ikan mengandung vitamin A yang sangat baik untuk perkembangan penglihatan anak anda.
  4. Meningkatkan kekebalan tubuh : dengan mengkonsumsi minyak ikan dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada anak anda.


Sangat disarankan jika anda sebagai wanita hamil atau ibu yang sudah mempunyai buah hati ingin mengkonsumsi minyak ikan lebih baik anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter anda. Hal ini didasari karena jumlah atau dosis yang dibutuhkan setiap orang berbeda, sebab jika terlalu berlebihan mengkonsumsi minyak ikan akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Tinggalkan Komentar: