Manfaat Senam Hamil Bagi Wanita

Manfaat Senam Hamil Bagi WanitaBagi wanita dewasa, hamil adalah momen yang ditunggu dalam hidupnya setelah menikah. Ada yang ingin cepat mempunyai anak adapula yang ingin menunda dulu dengan alasan karir. Terlepas dari alasan – alasan yang ada dalam diri wanita, masa kehamilan adalah penting untuk kesehatan ibu dan anak yang dikandungnya. Seperti yang kita ketahui bahwa masa kehamilan wanita adalah 9 bulan jika berjalan dengan normal, maka dengan begitu selama 9 bulan pula wanita harus menjaga kesehatan badan supaya anak yang dikandungnya dapat bertumbuh dengan baik dan tidak stress. Ada banyak cara yang dapat dilakukan salah satunya adalah dengan mengikuti kursus senam hamil.
Manfaat Senam Hamil Bagi Wanita Mengandung

Senam hamil yang ditujukan kusus bagi wanita yang sedang mengandung tidak sama gerakan – gerakannya dengan senam yang ditujukan untuk orang normal. Senam hamil hanya berpusat pada pelonggaran otot – otot tertentu untuk menunjang persalinan secara normal, supaya pada saat proses persalinan sang ibu tidak mengalami kesusahan dan kesakitan, hal ini juga mengurangi resiko keguguran pada saat proses persalinan. Otot – otot yang dilatih meliputi otot pinggang dan otot paha, untuk gerakan – gerakan selalu disesuaikan dengan umur kandungan. Oleh sebab itu setiap gerakan yang diajarkan selalu berbeda setiap bulannya. Berikut adalah manfaat – manfaat yang didapatkan bagi wanita hamil ketika mengikuti kursus senam hamil :
  • Membuat tidur lebih nyenyak
  • Tubuh menjadi lebih bugar dari sebelumnya
  • Mengurangi rasa nyeri punggung
  • Meningkatkan volume sel darah merah
  •  Menghindari ibu menjadi obesitas pada saat masa kehamilan
  •  Dapat menstabilkan tekanan darah sehingga mengurangi rasa pusing dan mual
  •  Mempermudah pada saat proses persalinan

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengikuti senam hamil, karena selain baik untuk sang ibu ternyata dengan mengikuti kursus ini janin yang dikandung juga mendapatkan manfaat yang positif. Salah satu manfaat positif bagi janin adalah meningkatnya denyut jantung yang merupakan respon positif yang dia berikan.


Namum perlu diperhatikan jika senam hamil hanya boleh dilakukan dengan instruktur yang berpengalaman, karena tugas dari instruktur adalah memberikan arahan – arahan gerakan yang akan dilakukan dan melihat kondisi kesehatan ibu ketika akan mengikuti senam ini. Jika kondisi ibu kurang bagus maka sebaiknya beristirahat dulu demi kebaikan janin yang anda kandung.  Demikian tulisan yang menjelaskan manfaat senam hamil bagi ibu mengandung, semoga dapat bermanfaat bagi ibu yang menantikan buah hatinya lahir.

Tinggalkan Komentar: