Menjaga Kesehatan Jantung Secara Alami

Menjaga Kesehatan Jantung Secara AlamiHimbauan untuk menjaga kesehatan jantung sebenarnya sudah gencar dilakukan oleh beberapa lembaga sosial sejak dulu. Tujuan utama dengan diadakannya himbauan ini untuk menyadarkan masyarakat Indonesia pentingnya jantung untuk kebaikan hidup yang lebih sehat dari masing – masing individu. Contoh paling mudah himbauan yang dapat anda temui adalah adanya iklan – iklan komersial dari beberapa produk kesehatan yang ada ditelevisi, bahkan ada beberapa produsen makanan yang melakukan inovasi – inovasi komposisi makanan baik untuk kesehatan jantung.
cara mudah dan alami menjaga kesehatan jantung

Fenomena inovasi produk makanan yang dilakukan oleh beberapa produsen makanan menunjukkan jika kesadaran masyarakat akan kesehatan jantung sudah mulai tinggi atau minimal akan tinggi untuk kedepannya sehingga strategi penjualan yang dilakukan akan berdampak positif pada produk tersebut. Tapi tahukah anda sebenarnya kita dapat menjaga kesehatan jantung secara alami dan mudah ? bahkan dapat dilakukan disela sela kesibukan anda sebagai pekerja atau pelajar. Pasti anda bertanya – tanya apa saja yang perlu dilakukan, silahkan simak beberapa tips dibawah ini :

Mencukupi Suplai Oksigen ke Jantung
Anda dapat mencukupi suplai oksigen yang diperlukan jantung dengan cara melakukan kegiatan aerobik, jogging, berenang, bersepeda atau hanya jalan – jalan disekitar kompleks rumah anda. Sangat disarankan anda melakukan aktivitas ini disaat pagi hari maupun sore hari ketika udara masih segar terbebas dari polusi udara.

Biasakan Bernafas Secara Sadar
Maksud dari cara ini adalah melakukan pernafasan panjang yang benar – benar anda sadari, sebab ketika anda bernafas seperti biasa sebenarnya anda tidak sadar melakukan hal tersebut karena ini adalah tindakan naluri mahluk hidup. Cara melakukan pernafasan secara sadar sebenarnya mudah, anda cukup menarik nafas dalam – dalam selama 5 detik lalu tahan selama 2 detik setelah itu keluarkan perlahan – lahan melalui mulut. Jika anda membiasakan aktivitas ini baik itu dalam rumah, kantor atau dimanapun anda berada maka sama saja anda mengurangi beban jantung anda dalam menyuplai oksigen ke seluruh tubuh sebab nafas yang pendek lebih sedikit mengandung oksigen.

Makanan Yang Sehat
Kebanyakan orang yang hidup dikota modern mengabaikan kesehatan makanan yang akan dikonsumsinya, hal ini terlihat dengan banyaknya orang yang hobi mengkonsumsi makanan junkfood. Perlu anda ketahui jika sebenarnya Junkfood mengandung banyak kolestror yang akan berdampak pada pengapuran pembuluh darah dan menyebabkan serangan jantung. Oleh sebab itu konsumsilah makanan yang sehat, meliputi kandungan protein putih, karbohidrat yang cukup setiap harinya dan makanan yang rendah kolestror. Lebih bagus lagi jika anda gemar memakan bermacam jenis buah – buahan, sebab kandungan vitamin dan serat yang ada dalam buah sangat baik untuk kesehatan anda termasuk untuk jantung anda.

Istirahat Yang Cukup
Saran ini ditujukan bagi anda yang tergolong dalam masyarakat Work Aholic, anda sering melupakan waktu dan kualitas istirahat. Ketika anda sibuk beraktifitas atau bekerja sehingga anda lupa untuk beristirahat sebenarnya anda telah memaksakan organ tubuh anda termasuk jantung untuk bekerja keras setiap harinya. Hal ini tentu saja akan berdampak buruk bagi kesehatan anda dalam jangka panjang. Sebaiknya anda melakukan istirahat yang cukup minimal 6 jam setiap harinya. Walaupun anda telah tidur minimal 6 jam dalam sehari tapi di jam 8 pagi sampai 2 siang tentu saja itu termasuk dalam kategori istirahat yang tidak berkualitas. Maka aturlah waktu tidur anda sebijak mungkin, sangat disarankan jika anda beristirahat pada malam hari dan kurangi aktifitas begadang.


Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan jantung secara alami dan mudah. Lakukan tips – tips diatas secara rutin dan bijaklah dalam beraktifitas setiap harinya. Kesehatan yang anda miliki tentu tidak akan sempurna untuk terus menerus, tapi meminimalisirkan penyakit jantung yang selalu menghantui masyarakat saat ini masih dapat anda lakukan sendiri dan itu penting untuk kebaikan anda nantinya.

Tinggalkan Komentar: