Menambah Nafsu Makan Anak

Menambah Nafsu Makan AnakAnak yang sedang dalam masa pertumbuhan sangat penting diperhatikan menu – menu makanan yang akan disantapnya. Problem utama yang sering dialami oleh para orang tua adalah nafsu makan dari anak yang kurang. Hal ini tentu saja akan menghambat pertumbuhan dari anak tersebut, baik itu dari segi kecerdasan maupun dari segi fisik.

Anda sebagai orang tua jangan langsung cemas dan kawatir, sebab sebenarnya banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menumbuhkan nafsu makan dari anak tersebut. Kuncinya adalah anda harus bersabar dan berkreatif, jadikan kegiatan makan yang dilakukan oleh anak anak menjadi menyenangkan sehingga kecenderungan untuk makan dengan menu – menu tertentu tidak ada, kususnya pada menu yang berbahan dasar sayuran.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menambah nafsu makan anak anda dirumah :
cara mudah menambah nafsu makan anak
Kreatif Dalam Memasak
Anda sebagai ibu harus dituntut untuk berkreatif dalam memasak menu makanan bagi anak anda. Kreatifitas yang anda butuhkan tidak selalu dalam hal rasa, namun alangkah lebih baiknya jika dalam hal bentuk. Anak – anak lebih menyukai bentuk – bentuk makanan yang unik dan lucu bagi mereka, seperti misal anda menggoreng tempe namun berbentuk bintang, telur goreng yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai orang tersenyum, atau bahkan variasi dari nasi kuning sebagai wajah dan sayur mayur yang digunakan sebagai rambut. Dengan uniknya makanan yang anda buat maka sebenarnya rangsangan terhadap makanan tersebut yang timbul pada anak anda semakin besar.

Asupan Makanan Yang Bergizi
Kombinasikan langkah sebelumnya dengan komposisi – komposisi makanan yang mengandung banyak nutrisi serta gizi. Pembiasaan pemberian asupan makanan yang bernutrisi dan bergizi akan merangsang anak anda menyukai sayuran, sehingga anak anda yang awalnya memiliki nafsu makan yang kurang akan menjadi lebih bernafsu. Selain itu dengan pemberian makanan yang bernutrisi dan bergizi akan memaksimalkan perkembangan otak dan tubuh anak anda.

Kurangi Pemberian Cemilan Yang Kurang Sehat
Membahagiakan anak memang perlu, tapi kebahagiaan tidak selalu datang pada cemilan yang anda berikan kepada anak anda. Sebenarnya cemilan inilah yang akan mengurangi nafsu makan anak, karena ketika anak anda akan berdampak pada rasa kenyang sehingga malas untuk makan makanan yang berat. Jika anda ingin memberikan cemilian kepada anak anda sebaiknya setelah selesai makan berat, adapun cemilan yang sangat dianjurkan adalah cemilan yang sehat. Cemilan sehat dapat anda buat sendiri melalui kreasi – kreasi anda berbahan baku sayur mayur atau daging.

Pemberian Jamu Sehat
Ada beberapa orang tua yang menambah nafsu makan anaknya dengan memberikannya vitamin penambah nafsu makan instan atua multivitamin, namun hal tersebut akan berdampak buruk bagi anak anda nantinya. Lebih baik anda menggunakan jamu – jamu tradisional yang lebih sehat, seperi misal lempuyang yang diparut lalu dicampur dengan asam, atau dengan daun papaya yang diolah menjadi minuman lalu dicampur dengan madu. Memang kemungkinan besar anak anda waktu pertama kali akan menolak jamu tersebut, siasati dengan pemberian reward atau makanan kesukaannya untuk memancing anak anda bersedia meminum jamu tersebut. Alternatif pemberian jamu tradisional akan menambah nafsu makan anak anda tanpa menimbulkan efek samping.


Sekian tips untuk menambah nafsu makan anak , semoga dengan adanya artikel ini akan memberikan solusi kepada anda yang mempunyai permasalah nafsu anak menurun. Selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar: