Manfaat Olahraga Renang Bagi Kesehatan

Manfaat Olahraga Renang Bagi KesehatanBagi anda yang gemar berolah raga renang, kali ini saya akan membahasnya secara khusus manfaat yang didapatkan dari olahraga renang. Renang menjadi olahraga yang favorit baik itu dikalangan anak, remaja maupun orang tua. Bahkan fenomena yang belakangan ini muncul banyak anak kecil yang sudah mengikuti kursus renang dari ekstra kulikuler sekolah maupun eksternal. Tapi tahukah anda ternyata banyak manfaat yang didapatkan ketika anda berenang ? berikut adalah manfaat yang anda dapatkan jika melakukan olahraga renang :
manfaat renang bagi kesehatan

Meningkatkan Kekuatan Jantung
Renang dipercaya dan terbukti secara klinis dapat meningkatkan otot jantung, dengan berenang maka otot jantung akan dilatih untuk lebih efisien dalam memompa aliran darah ke seluruh tubuh. American Heart Association atau yang sering disingkat AHA menyebutkan jika anda berenang selama 30 menit perhari secara rutin akan mengurangi resiko penyakit jantung koroner sebanyak 30 sampai 40 persen. Manfaat lain yang didapatkan adalah untuk melancarkan aliran darah dan menormalkan tensi darah anda.

Meminimalkan resiko terkena penyakit Diabetes
Ketika anda berenang maka seluruh otot dibagian tubuh anda bekerja secara bersamaan, faktor iniah yang akan membakar kalori. Jika anda melakukan kegiatan renang selama 30 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu maka sama saja anda telah membakar kalori sebanyak 900 kalori

Bagus untuk mengurangi Gejala atau Penyakit Asthma
Bagi anda yang sudah terserang asthma sangat disarankan jika anda melakukan olahraga renang, sebab ketika anda berenang Allergen. Ditambah lagi jika anda melakukan aktifitas ini secara rutin maka akan membantu untuk meningkatkan volume paru – paru serta mengajarkan teknik – teknik pernafasan yang tepat.

Mengurangi Stress
Inilah alasannya renang menjadi olahraga yang favorit, karena dapat memicu hormon yang bertanggungjawab untuk mengatur kebahagiaan atau sering disebut hormon Endorfin.

Memperpanjang Usia
Riset yang dilakukan oleh para peneliti University of South Carolina membuktikan jika orang yang berusia 20 sampai 90 tahun yang gemar berenang akan mendapatkan 50% kemungkinan kematian lebih rendah jika dibandingan dengan mereka yang gemar berlari, berjalan kaki atau yang tidak suka berolahraga sama sekali, riset ini diselenggarakan dengan 40.547 responden.


Itulah manfaat – manfaat yang anda dapatkan ketika berenang secara rutin, jadi sekarang tunggu apalagi ? lebih baik anda melakukan olahraga ini minimal seminggu sekali serta ajaklah anak anda mengenal olahraga ini.

Tinggalkan Komentar: