Tips Menjaga Kesehatan Wanita Hamil

tips menjaga kesehatan wanita hamil
Tips Menjaga Kesehatan Wanita HamilSetiap wanita selalu mendambakan masa – masa kehamilan, sebab ketika wanita mengalami hamil saat itulah perannya sebagai wanita dan ibu sedang berlangsung. Banyak keluarga yang menunggu momen ini karena akan kedatangan anggota baru dalam keluarganya, terutama bagi pasangan muda yang sebelumnya belum pernah mengalami momen – momen kehamilan. Oleh sebab itu para pasangan yang baru saja menikah sebaiknya juga mempertimbangkan keputusan untuk mendapatkan momongan, jika menurut para pakar yang terpenting dalam proses kehamilan adalah cara menjaga kesehatan wanita hamil .

Kesehatan ibu pada saat masa kehamilan sangat penting, karena kesehatan ibu sangat berdampak pada kondisi janin yang sedang dikandungnya. Ibu harus lebih memperhatikan kegiatan – kegiatan yang dilakukannya, seperti misal pekerjaan – pekerjaan rumah atau kantor yang biasanya pada sebaiknya dikurangi aktivitasnya.

Hindari keinginan untuk tampil cantik dan trendy bagi ibu yang sedang mengandung. Contohnya adalah kegiatan untuk mengecat rambut dan menggunakan zat – zat kimia yang sering digunakan pada wajah, karena cat rambut dan zat kimia yang digunakan ibu bersifat racun bagi janin yang dikandungnya. Alternatifnya untuk masalah rambut dapat dilakukan dengan cara keramas dan melakukan pemijitan – pemijitan ringan di kepala ibu, sebab hal ini dapat menjaga kondisi ibu tetap dalam kondisi emosi yang baik. Kesehatan ibu dapat pula dilakukan dengan cara menghirup udara yang bersih, kesehatan mulut, kebersihan payudara dan badan.

Memperhatikan kebersihan tangan dari ibu adalah salah satu tindakan yang perlu juga dilakukan, sebab tangan adalah bagian tubuh yang paling sering berkontak langsung dengan berbagai benda yang sudah dipastikan terdapat bakteri – bakteri atau kuman. Walaupun kebersihan sudah diperhatikan tapi jika pola makan tidak teratur dan kebiasaan makan sembarangan masih ada itupun tidak dapat memaksimalkan perkembangan janin yang dikandungnya, maka alangkah lebih baiknya jika ibu juga mengkonsumsi bahan makanan yang alami seperti buah dan sayuran.

Bertambahnya berat badan terutama pada bagian perut tentu saja akan berdampak pada bentuk tubuh dan stamina yang dikeluarkan oleh ibu. Cara yang paling efektif untuk mencegah kelelahan pada ibu adalah dengan pelatihan fisik ringan seperti mengikuti kursus senam hamil dan melakukan refleksi pada pergelangan kaki ibu. Refleksi dilakukan untuk mencegah supaya ibu mengalami masa stress atau kelelahan.

Inilah tulisan singkat mengenai cara menjaga kesehatan wanita hamil. Penjelasan diatas dapat anda modifikasi sendiri menurut jadwal dan selara anda selama tidak bertentangan dengan anjuran dokter anda.

Tinggalkan Komentar: