Gejala Kanker Payudara Stadium Lanjut

gejala kanker payudara stadium lanjut
Bagi wanita, kanker payudara adalah jenis penyakit yang paling menghantui terlebih lagi bagi wanita diatas 30 tahun. Hal ini didasari karena banyaknya wanita yang menderita kanker payudara pada usia tersebut, yang lebih ironis dan harus diperhatikan adalah gejala – gejala kanker payudara yang tidak disadari pada stadium dini. Kebanyakan wanita tidak mengeluh ketika gejala awal kanker ini muncul, sebab pada saat gejala awal wanita masih merasa sehat dan tidak timbul rasa nyeri pada payudara namun akan terasa berbeda ketika mamasuki gejala kanker payudara stadium lanjut.

Gejala kanker payudara yang tidak disadari pada saat stadium dini inilah yang menyebabkan para penderita berobat ketika kanker sudah mulai berkembang pesat. Faktor inilah yang menyebabkan sulitnya proses penyembuhan bahkan sering tidak terselamatkan lagi. Rahasia mendeteksi gejala kanker payudara pada saat stadium dini dapat anda lakukan ketika meraba dan merasakan benjolan kecil namun anda tidak merasakan nyeri sama sekali.

Jika anda merasakan gejala kanker payudara stadium dini maka sangat disarankan anda langsung menghubungi dokter yang berkompeten dalam bidang penyembuhan kanker. Namun ketika gejala kanker stadium lanjut akan timbul beberapa ciri sebagai berikut :

  • Akan timbul bejolan disekitar payudara yang dapat diraba dengan tangan, semakin lama benjolan tersebut semakin mengeras dan bentuknya tidak beraturan.
  • Pada saat benjolan tersebut mulai membesar akan terasa nyeri pada saat diraba maupun ditekan karena terjadi proses penebalan pada kulit payudara
  • Ukuran, berat maupun bentuk salah satu payudara yang terkena kanker akan berubah karena terjadi pembengkakan pada payudara
  • Arah dan bentuk puting berubah misalnya arah puting yang semakin masuk kedalam dan warna puting yang awalnya merah menjadi kecoklatan bahkan kehitaman
  • Timbul benjolan kecil di bawah ketiak
  • Keluar nanah, darah atau cairan encer pada wanita tidak sedang hamil.
  • Apabila terjadi luka di payudara akan tidak sembuh walaupun sudah diobati

Ternyata selain wanita yang sering mengalami kanker payudara, pria juga berpotensi menderita kanker payudara. Gejala – gejala yang timbul secara umum sama dengan gejala kanker payudara pada wanita. Sebelum semuanya terlambat maka sebaiknya anda mengetahui gejala – gejala kanker payudara dan mencegahnya dengan cara pola hidup sehat.

Tinggalkan Komentar: