Manfaat Sarapan di Pagi Hari

Manfaat Sarapan di Pagi HariBanyak orang yang melewatkan makan pagi atau sarapan karena sibuknya di dunia luar, seperti misal jam masuk sekolah maupun kantor. Tapi tahukah anda jika makan pagi atau sarapan sebenarnya sangat penting bagi kesehatan anda untuk melalui aktivitas seharian penuh ?  Bahkan jika anda melakukan sarapan pagi sebelum beraktivitas akan lebih banyak manfaatnya daripada ketika anda melakukan makan siang atau makan malam. Berikut adalah beberapa manfaat sarapan pagi :

Manfaat Sarapan di Pagi Hari


Sarapan dapat membantu menurunkan berat badan
Apakah mungkin sarapan pagi dapat membantu dalam menurunkan berat badan ? Jawabannya adalah benar, beberapa ahli kesehatan telah meneliti jika orang yang jarang melakukan sarapan pagi akan lebih cenderung untuk mengalami kenaikan berat badan daripada yang rutin dalam sarapan pagi. Hal ini karena faktor pola pikir pada manusia, jika anda tidak melakukan sarapan pagi maka rasa lapar pada siang hari akan lebih besar, otomatis akan merangsang anda untuk makan makanan yang lebih berkalori dan berlemak tinggi. Ini adalah respon normal ketika anda merasa terdesak kelaparan. Fenomena tersebutlah yang menjadikan anda akan makan lebih banyak dan tidak beraturan ketika jam makan siang, maka tidak heran jika anda yang tidak sarapan pagi akan lebih mudah bertambah berat badannya.

Sarapan dapat mengurangi resiko terjangkit penyakit kronis
Orang yang rutin melakukan sarapan pagi akan lebih rendah terkena permasalah gula darah sebanyak 50% daripada yang selalu melewatkan sarapan pagi. Pernyataan tersebut sudah terbukti secara klinis melalui riset yang dilakukan oleh Universitas Havard dengan melibatkan 2800 orang responden. Gula darah yang tinggi dapat memicu penyakit kolestrol dan diabetes, sedangkan kolestrol akan berdampak pada penyakit jantung.

Untuk menghindari dari hal tersebut maka sangat disarankan anda melakukan sarapan sepagi mungkin setelah anda bangun tidur, karena dapat menstabilkan kadar gula yang ada di dalam darah. Pada dasarnya ketidakstabilan gula darah dipagi hari terjadi karena anda tidak makan selama kurang lebih 10 – 12 jam, jadi jika anda tidak segera sarapan dan memaksakan untuk makan disiang hari kadar gula dalam tubuh anda akan melonjak secara drastis. Jika kebiasaan tidak sarapan pagi terus anda lakukan maka akan mengakibatkan resistensi insulin dan pada akhirnya akan mengakibatkan penyakit kronis dalam tubuh anda.

Sarapan dapat meningkatkan kinerja otak
Sarapan pagi yang anda lakukan tentu saja akan memberikan asupan – asupan gizi pada tubuh anda, asupan gizi tersebut akan berubah menjadi energi yang diperlukan pada tubuh dan otak anda. Jika anda bekerja dalam bidang yang menuntut konsentrasi tinggi tentu anda pernah mengalami sulit konsentrasi ketika anda lupa untuk sarapan pagi, maka sarapan pagi sangat disarankan bagi anda yang sedang bekerja dalam bidang ketelitian dan anak yang sedang bersekolah.


Itulah beberapa manfaat sarapan pagi, sekarang anda sudah mengetahuinya maka sangat disarankan anda melakuakan aktivitas sarapan pagi secara rutin. Pada intinya kegiatan anda dalam seharian penuh akan bergantung pada sarapan yang anda lakukan. Selain sebagai penunjang aktivitas, sarapan pagi dapat menjaga kesehatan anda dalam waktu yang lama.

Tinggalkan Komentar: