Olahraga Bagi Tumbuh Kembang Anak

Olahraga adalah kegaiatan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, belakangan ini banyak orang dewasa yang telah sadar akan manfaat dari berolahraga. Fenomena tersebut tidak menutup kemungkinan jika olahraga sebenarnya juga bermanfaat bagi kesehatan anak anda pula, terutama anak yang masih berusia 7 – 12 tahun. Anak selalu meniru apa yang dilakukan oleh orang tua mereka masing – masing, jadi bagi anda sebagai orang tua yang gemar berolahraga sangat bagus sebab selain dapat menyehatkan tubuh anda tapi juga menyadarkan pula pentingnya olahraga bagi tumbuh kembang anak.

pentingnya olahraga bagi tumbuh kembang

Porsi yang dibutuhkan anak untuk berolahraga berbeda dengan orang dewasa, jika orang dewasa lebih cenderung ke olahraga yang bersifat berat (menggunakan tenaga fisik yang lebih) sedangkan anak lebih menyukai olahraga yang besifat bermain. Kebutuhan olahraga untuk anak sudah diberikan dibangku sekolahan, namun porsi dan waktu yang diberikan masih kurang karena dalam seminggu hanya 1 kali pertemuan sedangkan setiap pertemuan bekisar 40 – 70 menit.

Untuk memenuhi kebutuhan olahraga bagi anak, anda bisa menawarkan kepada anak anda beberapa pilihan kegiatan olahraga yang menjadi minat utama, biasanya jika anak berjenis kelamin laki – laki lebih menyukai sepakbola sedangkan jika wanita lebih menyukai renang atau menari. Manfaat lain selain untuk pemenuhan kebutuhan olahraga bagi anak anda adalah dapat menyalurkan hobi dan tenaga anak yang masih berlebihan.

Secara spesifik ada beberapa manfaat yang dapat diterima oleh anak anda jika gemar berolahraga, diantaranya sebagai berikut :
  • Meningkatkan kecerdasan anak : dengan gemar berolahraga anak akan menjadi cerdas karena akan meningkatkan daya konsentrasi dan dapat mengatur waktu lebih efektif
  • Meningkatkan kesehatan : olahraga yang dilakukan oleh anak akan mengurangi resiko penyakit obesitas, sebab perkembangan anak yang masih tergolong cepat jika tidak disalurkan dengan baik akan menimbulkan berbagai macam penyakit termasuk obesitas.
  • Sebagai sarana sosialisasi : olahraga yang berjenis kerjasama tim akan memberikan sarana sosialisasi pada anak, jadi jika anak anda tergolong pemalu atau kurang percaya diri akan menjadi latihan mental yang bagus untuk perkembangan sosialnya.
  • Meminimalkan tindak criminal : kebutuhan gerak pada anak lebih besar daripada orang dewasa, jika kebutuhan ini tidak disalurkan maka kecenderungan anak untuk mencari aktivitas yang kurang bermanfaat akan lebih besar. otomatis anak akan mencari kegiatan – kegiatan untuk menyalurkan tenaganya dan jika tidak diarahkan akan berbahaya untuk perkembangan mental dari anak anda.
  • Memberikan kebahagiaan : dengan berolahraga anak akan menjadi lebih bahagia, karena dalam kegiatan olahraga yang dilakukan akan bertemu dengan teman – teman baru atau jika olahraga yang dilakukan melibatkan peran orangtua akan meningkatkan pula keharmonisan dalam rumah tangga.


Itulah beberapa manfaat yang didapatkan anak jika anda menyalurkan hobi dan tenaganya ke hal olahraga, jadi mulai sekarang mari arahkan anak anda kepada hal – hal yang positif sebab olahraga penting untuk tumbuh kembang anak anda

Tinggalkan Komentar: