Manfaat Pare Dibalik Rasa Pahitnya


Manfaat Pare Dibalik Rasa Pahitnya . Tanaman Pare seperti yang kita ketahui hanya sedikit orang yang menyukainya padahal banyak manfaat positif yang ada di dalamnya. Pare terkenal dikalangan kita sebagai tanaman yang pahit, oleh karena itulah hanya orang – orang tertentu yang menyukai tanaman ini.

Tanaman Pare


Rasa pahit yang timbul setelah dimasak dapat tetap ada karena kurangnya pengetahuan tentang cara memasak dan mengolah tanaman pare agar rasa pahit dapat berkurang sehingga pare masih dapat dinikmati oleh kita. Sebenarnya ada tips yang sangat sederhana untuk mengolah tanaman pare ini agar rasa pahitnya sedikit hilang, yaitu dengan cara menaburinya dengan garam sebelum dimasak lalu diremas – remas hingga layu setelah itu baru dimasak sesuai selera kita menurut budaya yang ada disekitar kita tentang pengolahan Tanaman Pare, namum kebanyakan dimasak secara ditumis.

Terlepas dari tips mengolah pare supaya rasa pahitnya sedikit hilang sebenarnya pare memiliki banyak manfaat yang terkandung didalamnya bagi kita semua. Berikut adalah beberapa manfaat yang dihasilkan pare :

Pare Dapat Mengentalkan ASI
Pare sangat bermanfaat bagi ibu yang sedang menyusui karena dapat mengentalkan ASI sehingga Bayi anda dapat cepat kenyang dengan meminum ASI dari ibu yang gemar mengkonsumsi Tanaman Pare. Adapun cara penyajiannya adalah dengan cara di jus dengan sedikit air lalu diminum secara langsung, namun jika anda tidak tahan dengan rasanya yang sangat pahit cara mengatasinya dapat menjadikan pare sebagai lalapan ketika anda makan.

Pare Membantu Program Diet
 Manfaat yang selanjutnya adalah untuk program Diet, tentu saja manfaat ini sangat berguna bagi anda yang sedang menjalankan progam diet secara alami. Menurut para ahli Pare mengandung serat yang cukup tinggi. Karena kandungan tersebut pare sangat direkomendasikan untuk program diet, adapun kandungan yang dalam 1 cangkir pare adalah 90% air, 16 kalori dan 2,6 gram serat. Karena kandungan serat yang cukup tinggi maka pare juga dapat melancarkan pencernaan anda, kasiat ini juga sangat bermanfaat bagi anda yang mengalami susah buang air besar.

Pare Dapat Mempercantik Wanita
Pare berkasiat untuk menambah kecantikan bagi kaum wanita terutama menghilangkan jerawat atau bekas jerawat. Cara penggunaannya masih sama sebelumnya yaitu dengan cara menjadikan tanaman pare sebagai jus. Hasil dari jus pare disaring lalu diminum sedangkan ampasnya dapat dijadikan masker untuk mendatangkan hasil yang lebih sempurna. Cara mudah menghilangkan jerawat secara alami sudah pernah saya bahas sebelumnya.

Pare Sebagai Pengontrol Kadar Gula
Pare berkasiat untuk mengontrol kadar gula yang ada didalam tubuh kita, karena pare mengandung unsur Insulin dan Alkaloids atau yang biasa disebut Charntine. Unsur inilah yang berguna untuk mengontrol kadar gula, oleh sebab itu pare sangat dianjurkan bagi penderita Diabetes.

Pare Sebagai Pencegah Sel Kanker
Pare dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di Pankreas, hal ini sudah terbukti secara ilmiah menurut University of Colorado Amerika Serikat. Riset tersebut menunjukan jika Pare dapat membantu Pankreas meminimalisir proses Glukosa menjadi sumber Energi, karena Sel Kanker membutuhkan energi untuk berkembang. Dengan kasiat tersebut maka Sel Kanker dapat diminimalisir bahkan dicegah sejak dini

Pare Dapat Menyembuhkan Asma
Pare dipercaya dapat menyembuhkan asma, karena rasa pahit yang dikandung oleh pare dapat merangsang indera pengecap yang terletak di saluran pernafasan kita. Karena hal itulah saluran pernafasan akan melonggar lebih lebar dari sebelumnya, sehingga udara yang masuk ke dalam saluran pernafasan dapat semakin banyak.

Itulah beberapa manfaat yang kita dapatkan ketika kita mengkonsumsi tanaman pare secara rutin, rasa pahit yang dikandung oleh pare tentu saja tidak sebanding jika kita mempertimbangkan manfaat yang terkandung didalamnya. Sangat disarankan jika buah pare yang kita konsumsi diselingi dengan sayuran lain seperti Sayur Bayam, Ketimun dan buah – buahan lainnya seperti Jeruk, Anggur, Apel, dan obat herbal lainnya

Tinggalkan Komentar: