Ciri - Ciri Mempunyai Kolesterol Tinggi

Setiap orang selalu ingin mempunyai kondisi tubuh yang sehat supaya dapat menunjang aktivitasnya sehari – hari serta memiliki umur panjang. Tapi dengan banyaknya makanan yang kurang sehat serta pola hidup yang kurang sehat pula menjadikan manusia rentan dengan penyakit, salah satunya adalah Kolesterol.

kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi pada tubuh anda dapat menimbulkan penyakit :
Penyakit Familial Hypercholesterolemia / FH
Penyakit ini adalah penyakit yang diturunkan dari kedua orangtua anda jika mereka mempunyai kadar kolesterol yang tinggi, dampak paling berbahaya jika kedua orangtua anda mempunyai kolesterol tinggi adalah ancaman jika anda memiliki peluang hidup yang rendah ketika menginjak usia 20 tahun. Sebaiknya anda melakukan pencarian riwayat kesehatan anggota keluarga anda untuk memastikannya.

Gagal Jantung
Penyakit ini sangat umum disebabkan oleh kolesterol yang tinggi, sebab kolesterol menyumbat aliran oksigen dan pembuluh darah arteri. Selain gagal jantung, komplikasi penyakit lainnya adalah stroke.

Xanthomas
Penyakit lainnya yang ditemukan jika anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh anda adalah Xanthomas, gejala awal dari penyakit ini adalah benjolan kuning kemerahan pada bagian – bagian tertentu.

Anda sebaiknya berhati – hati jika mempunyai kadar kolestrol yang tinggi dalam diri anda, sebab nanti akan berdampak pada kesehatan tubuh anda karena dapat memicu berbagai macam penyakit dalam diri anda. Jika khawatir dengan hal ini sebaiknya anda mengetahui gejala – gejala awal yang mengindikasikan anda mempunyai kadar kolestrol yang tinggi. Berikut adalah Ciri - ciri mempunyai Kolesterol Tinggi :

Sering merasakan Pusing di belakang Kepala
Pusing dibelakang kepala terjadi karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah yang disebabkan kolesterol tinggi, jika hal ini dibiarkan maka lama kelamaan akan pecah dan menyebabkan kelumpuhan tubuh atau sering disebut stroke.

Pundak dan Tengkuk sering Pegal
Kondisinya hampir sama dengan pusing dibelakang kepala, pegalnya pundak dan tengkut terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah dikarenakan kadar kolesterol yang tinggi
Sering kesemutan di kaki dan tangan
Jika anda merasakan sering kesemutan pada kaki dan tangan, sebenarnya hal ini terjadi karena aliran darah yang tidak normal yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Sering merasa ditusuk pada bagian Dada sebelah kiri
Hal ini menjadi gejala awal anda mempunyai potensi terserang jantung, sedangkan penyebab utamanya adalah tidak lancarnya aliran oksigen yang seharusnya disuplai ke jantung. Ketidak lancaran ini terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah arteri pada tubuh anda yang disebabkan kolesterol tinggi.

Itulah beberapa ciri – ciri jika anda mempunyai kadar kolesterol yang tinggi, jika anda sering merasakan hal demikian lebih baik anda mulai mengatur ulang pola hidup anda. Pola hidup yang sehat meliputi makanan asupan gizi yang cukup dan seimbang serta rutin melakukan olahraga setiap harinya minimal 30 menit.

Tinggalkan Komentar: